Tertarik Bisnis Ikan Cupang? Pelajari Dulu 6 Hal Ini Sebelum Memulainya

Ikan cupang halfmoon biasanya dibiakkan di antara para ahli untuk dipamerkan dalam pameran ikan cupang. Ikan cupang jenis ini agak sulit dalam berkembang biak dan memiliki perilaku yang agresif. Hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah, menyiapkan tangki khusus untuk berkembang biak. Jika tangki sudah siap, masukkan betina ke dalam tangki, dan biarkan ikan cupang betina terbiasa dengan lingkungan tersebut selama 30 menit.

Usaha bisnis ikan cupang

Ikan air tawar yang sudah dikenal dengan citarasa yang enak dan digemari masyarakat tentu akan lebih menguntungkan karena daya serapnya cukup bagus sehingga mudah dipasarkan. Ikan air tawar dengan pertumbuhan yang cepat lebih menguntungkan karena pemberian pakan dan waktu pemeliharaan menjadi sebentar. Pertumbuhan ikan yang cepat dapat dipacu dengan memanfaatkan pakan dengan gizi yang baik dan takaran yang optimum. Untuk itu, pembudidaya harus mempertimbangkan; Pertama, penguasaan tehnik budidaya benih ikan. Untuk memulai usaha budidaya ikan tentu teknologi budidaya yang digunakan harus dapat dikuasai terlebih dahulu sehingga pembudidaya akan lebih mudah dalam melakukan pengelolaannya.

Budidaya ikan Cupang atau ikan yang pintar beradu ini, merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Selain pemeliharaannya yang tidak merepotkan alias mudah, ikan hias ini bisa menghasilkan omset jutaan rupiah/ minggunya. Kecuali ulat sutera dan jentik-jentik nyamuk, kutu air merupakan makanan terbaik untuk memberi makan cupang.

Sayangnya tidak semua spesies ikan cupang tersebut memiliki nilai jual. Beberapa jenis ikan cupang milik Fathur yang dicampur dengan daun ketapang, sehingga membuat airnya didalamnya menjadi kecoklatan. Di tengah penurunan minat masyarakat, ada alternatif yang bisa dilakukan agar usaha ikan cupang tidak mati begitu saja.

Menurutnya, perbaikan kualitas menjadi tantangan dalam pengembangan budidaya cupang di Indonesia. Persilangan sejenis menjadi biang keladi buruknya kualitas ikan cupang introduksi. Berbeda dengan Dul, M. Faadhillah Ammar telah menekuni hobi ikan cupang sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama . Hobinya berawal dari kesukaannya melihat kompetisi cupang aduan yang digeluti oleh tetangga rumahnya. Ia pun terpikat dengan sifat ikan cupang yang agresif dan suka berkelahi tersebut. Selain itu, hal yang terpenting bagi ikan cupang itu, harus punya mental yang baik.