Berbisnis Ikan Hias Di Masa Pandemi

Ia menambahkan, penghasilan usahanya di bidang ikan cupang hias dinilai cukup memuaskan. Terakhir, cobalah bangun saluran distribusi yang luas dan kuat untuk mempromosikan usaha budidaya ikan cupang Anda. Seperti halnya peternakan lainnya, budidaya ikan hias dapat menimbulkan kerugian finansial karena manajemen yang buruk, dan serangan penyakit. Jadi sangat penting untuk menangani budidaya dengan hati-hati. Persyaratan dasar untuk keberhasilan pembiakan dan pembesaran ikan hias adalah ruang yang cukup, air yang berkualitas, dan pakan yang cukup.

Hingga akhirnya dari sepasang ikan cupang yang dibelinya dari Medan itu, diikutsertakan dalam sebuah kontes ikan secara nasional. Hal ini dikarenakan, minat orang untuk memelihara hewan termasuk itu ikan cupang ini meningkat. Ada kemungkinan banyak orang melakukan memelihara ikan cupang masa pandemi, sebagai cara untuk menghilang kejenuhan. Artinya saya juga harus memberikan kesempatan untuk teman-teman saya untuk maju bersama,” Katanya. Agar goal konsumen lebih tepat sasaran, kamu juga bisa menjajakan bisnis mu dikomunitas pecinta ikan hias yang bisa kamu temukan di facebook atau forum on-line. Nanti, jika kamu merasa sudah cukup jago baru mulai menambah 2-3 jenis ikan hias untuk dikembangkan dan dibisniskan.

Setelah itu, kamu bisa mulai mengirimkan pesan secara langsung untuk beriklan. Selain itu, munculnya penghobi baru ikan cupang menurut Rizal juga menjadi faktor menjanjikannya bisnis ikan cupang di masa pandemik Covid-19. Rata-rata, masyarakat yang usaha cupang hias, hasil penjualannya bisa di atas UMR Jakarta,” kata Asep, di sela acara pameran dan kontes ikan hias, di Jakarta.

Dari sepasang induk ikan cupang bisa dihasilkan one hundred hingga 200 anak ikan cupang. Jadi, jika kita hitung keuntungan yang diperoleh dari hal tersebut lumayan besar. Apalagi kalau kita bisa menghasilkan ikan cupang kualitas aduan, kontes atau bahkan kualitas ekspor. Karena ikan hias tersebut selain rupanya yang cantik juga dapat merupakan tentera yang menarik bila diadu. Ikan ini juga sering disebut ikan laga dan nama latinnya adalah Betta splendens, termasuk dalam famili Anabantidae . Ekor dan sirip ikan cupang ketika mengembang sungguh memikat para pecinta ikan hias.

Sejumlah orang pun bahkan lebih memilih untuk banting stir juga berganti usaha ke jenis lainnya. Jangan lupa untuk memberikan juga obat anti jamur ke dalam air akuarium tersebut. Ketika akuarium dirasa sudah terlalu sempit pindahkan sebagian ikan menurut usianya ke dalam tempat lainnya. Sediakan aquarium untuk lokasi pemijahan dan isi dengan air yang alami, dan jangan pakai air PDAM ya. Setelah itu endapkan air selama satu hari, dan masukkan tanaman air yang berfungsi sebagai tempat berlindungnya burayak.

Usaha bisnis ikan cupang

Total ekspor ikan hias di periode tersebut mencapai 1,forty eight ribu ton. Ciri-ciri khas yang dimiliki oleh ikan cupang hias jantan adalah selain warnanya yang indah, siripnya pun panjang dan menyerupai sisir serit, sehingga sering disebut cupang serit. Sedangkan ikan betina warnanya tidak menarik dan bentuk siripnya lebih pendek dari ikan jantan. Namun, tentunya kita juga harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana mengawinkan ikan cupang hingga berterlur dan menetaskannya. Ikan cupang jantan dan betina meiliki ciri-ciri khusus untuk dipijahkan . Untuk modal awal bisnis ikan cupang ini, kata Arnov, dirinya telah mengeluarkan uang sekitar Rp10 juta.

Sebagai wadah tempat ikan atau aquariumnya, kita juga bisa memanfaatkan bekas botol air kemasan yang tentunya kita bisa mendapatkan dengan mudah di sekitar lingkungan rumah. Untuk pakan ikan cupang tidaklah memerlukan pakan ikan yang mahal-mahal, cukup carikan nyamuk mati, jentik-jentik nyamuk atau sisakan beberapa serat daging dari lauk pauk yang kita makan sehari-hari. Penggemar ikan cupang makin hari makin banyak, baik itu dari kalangan anak kecil hingga dewasa. “ Saya mulai major cupang sejak tahun 2011 ketika masih di Jakarta. Awal saya tinggal di Tepus sempat bingung juga memulai usaha ini, karena sulitnya pakan hidup dan kondisi air yang tidak sesuai untuk budidaya ikan ini.” ujarnya ketika dihubungi redaksi. “ Ikan cupang ini sebenarnya ada 3 spesies yakni, Cupang Alam , Cupang Adu dan Cupang Hias .” imbuhnya.

Jentik nyamuk dan kutu air merupakan makanan favorit ikan cupang hias yang bisa anda dapatkan sendiri tanpa harus membelinya. Dalam penggunaan air sebaiknya gunakanlah air tanah/sumur dan air dari sungai. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan air yang berasal dari PDAM untuk membudidayakan ikan cupang hias. Keempat, anda harus mengangkat indukan betina setelah terjadinya pembuahan agar telur ikan yang dihasilkan tidak dimakan oleh indukan betina.

Ikan hias tidak akan bisa berkembang dengan baik jika tempat hidupnya tidak dirawat. Air yang tercemar bukan merupakan tempat yang baik untuk ikan hias bahkan bisa menyebabkan kematian. Oleh sebab itu rutin melakukan pengurasan air akuarium agar ikan di dalamnya selalu sehat. Nah, Anda juga bisa melakukan hal yang sama yaitu memulai usaha di bidang ikan hias. Jika sejak awal Anda melakukannya dengan perencanaan dan cara yang tepat pasti keuntungan berlipat akan didapatkan. Eni menjelaskan cupang membutuhkan persyaratan lingkungan hidup spesifik yaitu tingkat kemasaman air 4,5-6,5.

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang tidak membutuhkan pemeliharaan banyak. Dengan makanan yang baik, ikan cupang dapat mempertahankan warna dan polanya yang menakjubkan dan dapat berkembang biak dengan baik. Ikan cupang paling baik berkembang biak saat mereka masih muda, biasanya 4-12 bulan, usia maksimal 14 bulan. Jika ikan cupang memiliki genetika yang buruk, burayak bisa menjadi sakit.